8 Tanda Peluang Anda Bisa Mengajukan KPR

berita, berita harian, berita terkini, berita terbaru, berita hari ini, berita indonesia, berita terpopuler, info terkini, info artis, berita artis, berita popular, info terpercaya, info berita, berita unik, liputan khusus, Kesehatan

Mengintip 8 macam peluang yang dapat anda manfaatkan untuk memiliki rumah pribadi

berita, berita harian, berita terkini, berita terbaru, berita hari ini, berita indonesia, berita terpopuler, info terkini, info artis, berita artis, berita popular, info terpercaya, info berita, berita unik, liputan khusus, Kesehatan

Ilustrasi KPR

M11News – Setiap orang pastinya ingin memiliki sebuah rumah untuk keluarganya berlindung. Namun bagaimana cara cepat untuk memiliki sebuah rumah dengan penghasilan yang cukup-cukup saja? Nah, untuk dapat memiliki sebuah rumah yang harganya setiap saat semakin tinggi, anda harus siap mengambil tindakan dan sedikit berkorban.

Sekarang sepertinya adalah saat yang tepat untuk mewujudkan impian anda, karena pemerintah sedang menggalakkan kemudahan pemilikan rumah di saat keadaan ekonomi nasional masih sangat lemah, dengan salah satu caranya menurunkan batas uang muka sampai 15% dari harga rumah sesungguhnya.

Besar cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah maksimal 30% dari penghasilan tiap bulan, dalam arti anda harus bisa berhemat sebesar 30% setiap bulannya sampai cicilan yang ditentukan lunas. Dan lamanya itu bisa mencapai belasan tahun, dan hal semacam ini bukan sesuatu hal yang mudah.

Dilihat dari macam peluang yang bisa kalian manfaatkan untuk mewujudkan impian anda memiliki sebuah rumah , coba bersama M11News.com kita cek 8 point berikut, jika minimal 4 diantaranya sudah terpenuhi oleh anda, dapat menjadi awal langkah untuk mengajukan cicilan KPR.

 

  • Anda terbebas dari hutang

Jika anda hendak mengajukan KPR kepada pihak Bank, anda harus wajib bebas dari hutang piutang, merupakan komitmen keuangan yang utama. Dengan tidak adanya hutang pada pihak siapapun maka aliran dana bulanan anda tidak akan terganggu.

  • Anda punya simpanan untuk keperluan tak terduga

Walau jumlahnya tidak banyak, tabungan semacam ini tetap harus anda miliki dan usahakan ditambah terus jumlah nominalnya setiap bulan. Jika sewaktu-waktu ada kebutuhan tak terduga kalian tidak perlu cemas, karena anda sudah memiliki simpanan.

  • Anda punya simpanan uang muka

Uang muka yang harus diajukan untuk KPR adalah sekitar 20 persen dari harga jual rumah yang anda inginkan. Tetapi berdasarkan kabar yang didapat LTV sudah diturunkan menjadi 15%. Nah untuk jumlah yang tidak terlalu besar ini, maka tidak pernah ada istilah terlambat buat anda untuk menabung uang muka.

  • Anda memiliki riwayat pinjaman bank yang baik dan lancar pembayaran

Pada umumnya setiap Bank akan melakukan riset terlebih dahulu untuk memeriksa apakah anda memiliki kartu kredit atau tidak sama sekali.

  • Anda punya perlengkapan rumah dan mampu melakukan renovasi skala kecil

Kelihatannya hal ini sepele, namun hal ini sangat penting jika anda ingin memiliki rumah sendiri. Seperti memperbaiki genteng bocor sudah anda kuasai, akan menjadi penghematan biaya perbaikan tiap bulan dalam daftar pengeluaran.

  • Anda sudah seharusnya tidak berada di kontrakan

Kalau saat ini  keluarga anda masih tinggal di kontrakan, cobalah pindah kerumah subsidi. Walau agak jauh dari pusat kota namun anda bisa membangun kehidupan pribadi yang lebih baik dan nyaman bersama keluarga tercinta.

  • Anda harus mempunyai pertimbangan membeli lebih baik dari menyewa

Kalau rumah impian anda ada di titik harga yang miring dan prospek kenaikan harga yang bagus, gak usah ragu untuk mengambil langkah sewa menjadi cicilan menjadi milik pribadi.

  • Anda harus kerasan didaerah rumah dan betah sekurangnya 5 tahun kedepan

Kebiasaan yang sering dihadapi oleh seorang pengontrak adalah berpindah rumah yang membuat dirinya tidak nyaman untuk tinggal dalam jangka waktu yang lama. Cobalah untuk bertahan selama 5 tahun minimal, yang akan menjadikan keputusan cicilan KPR menjadi pilihan yang cocok.

 

 

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.